16 September 2009

Kering, Terulang, Begitulah Adanya

Bagai ladang kering tak terurus, bahkan ilalang pun enggan tumbuh atasnya. Begitulah gambaran blog ini yang kering inspirasi. Beberapa teman sempat menengok blog ini dan bertanya mengapa blog ini tidak terurus, aku hanya bisa menarik nafas lesu. Mungkin sumur ide itu telah mati, bahkan tulisan ngawur pun tak mampu lagi tercipta untuk menghiasi blog ini.

Blog ini aku bangun dari NOL, tanpa sedikit pun pemahaman tentang blog. Mendengar nama blog saja saat itu bagai mendengar kata asing yang baru muncul dari langit. Aku sekolah, kuliah bukan di bidang IT tetapi kependidikan dan sains. Aku seorang guru yang bergelar Sarjana Pendidikan jadi sangat jauh dari pengetahuan tentang blog. Blog ini ada karena terpaksa, dipaksa oleh boss tempatku bekerja sebelumnya. Jadilah blog ini dengan apa adanya dan nanti sekitar setahun kemudian baru mengalami perbaikan seiring dengan pengetahuan blog yang perlahan-lahan mengisi benakku.

Blog ternyata menyenangkan, begitu pikirku saat mulai mengelola blog ini. Maka jadailah blog ini tempat mencurahkan perasaan dan pikiran, tidak lebih dari itu. Seiring dengan berjalannya waktu, saat pemahaman tentang blog semakin baik, orientasiku dalam dunia blogging tergeser. Aku mulai tergiur dengan penghasilan yang bisa diperoleh dari blog. Aku kemudian membuat satu blog lagi dan menyusul blog yang lainnya.

Dalam perjalanannya, aku kemudian kembali lesu karena memperoleh penghasilan dari blog ternyata tidak mudah. Aku seakan depresi dan sangat membenci blog sehingga sebelum keterlantaran yang sekarang, dulu aku pernah menelantarkan blog ini bahkan memutuskan meninggalkannya. Ya, aku kecewa, depresi karena tidak berhasil mencapai apa pun.

Kemudian aku kembali, blog ini bergerak lagi. Dan kemudian terhenti lagi. Mungkin memang begitu nasib blog ini. Saat ini aku sudah menemukan jalan yang dulu tak aku temukan. Aku temukan berbagai celah di internet yang bisa menjadi sumber penghasilan. Aku kemudian merancang sebuah blog untuk membahas peluang-peluang yang saya sebut Bisnis Internet itu, dan aku menamainya Belajar Bisnis Internet karena memang aku masih terus belajar. Karena kesibukan itulah, blog ini terlantar lagi karena jujur saja, mengelola banyak blog ternyata cukup memusingkan.

Blog ini tempatku belajar, mengenal setiap titik/pixel dari blog. Mengenal bahasa HTML sedikit demi sedikit, mengenal XML, javascript dan segala sesuatu yang berkaitan dengan editing blog. Semua itu terjadi dari blog ini. Inilah karya pertamaku, karya yang kuanggap terbesar dalam hidupku karena memang aku belum pernah bisa membuat karya apa pun.

0 komentar:


Posting Komentar