06 Desember 2007

Belajar, Belajar dan Belajar lagi

Malam ini kembali aku utak atik blog ini. Beberapa hari terakhir aku dipusingkan oleh sidebar blog ini. Sebelum menggunakan template XML ada sidebar yang berisi daftar judul postingan terbaru atau recent post. Tetapi untuk template baru fasilitas itu tidak ada dan harus menggunakan RSS Feed. Aku udah coba mencari referensi ke sesepuh blog termasuk kolom tutorial Milik Mas Rohman tetapi belum temukan yang sesuai harapan. Mungkin Mas Rohman sibuk sehingga tidak menjawab beberapa pesan yang saya tinggalkan di beberapa postingannya. Memang ada tutorialnya di kolom tutorial tetapi ketika aku ikuti instruksinya, malah url feed blog ini invalid.
Aku kemudian mencari referensinya ke blognya O-om, dapat tutorialnya. Tetapi aku gak sreg karena di daftar postingan juga disertakan ringkasan isi postingan padahal yang aku inginkan hanya judul postingan saja yang muncul. Oleh O-om melalui chat di YM disarankan menggunakan RSS Feed dengan menambah elemen halaman yang berisi Feed. Aku coba masukkan url feed blog ini: http://tokonjo.blogspot.com/atom.xml tetapi kata blogger url feed tidak valid. Dan anehnya itu terjadi untuk semua blogku, padahal kalau aku masukkan RSS feed orang lain, malah terbaca, heran. Menurut analisa O-om, url feed blog ini diproteksi oleh feedburner.
Akhirnya O-om sarankan menggunakan feed dari feedburner.com yang memang sudah lama aku daftarkan blog ini disana. Maka aku coba dan inilah postingan pertama yang mudah-mudahan saja terpampang di sidebar Postingan Terbaru, karena menurut O-om lagi, bahwa hanya postingan terbaru setelah pemasangan yang terdeteksi, postingan sebelumnya tidak. OK, semoga saja.
Terima kasih untuk O-om yang selalu siap menjawab setiap masalahku dalam dunia blog. Terima kasih juga untuk Mas Rohman yang walau tidak menjawab pertanyaanku untuk kasus ini tetapi perwajahan blog ini saya peroleh dari blog beliau. Bahkan ketika aku minta untuk dibuatkan template XML yang teksturnya sama dengan blog ini, benar-benar dibuatkan. Sebelumnya template blog ini adalah versi classic yang saya download dari Pannasmontata, tetapi oleh Mas Rohman diubah menjadi versi XML. Makasih banyak semua. Terus berkarya dan membimbing blogger baru Indonesia agar Blogger Indonesia berjaya.

4 komentar:

Agus (o-om) on 07/12/07 23.11 mengatakan...

terima kasih ya dah mempercai blog om sebagai media tutorial blogger. saling menghargai adalah sebuah nilai mulia yang tidak bisa dibayar dengan apapun. salam ngeblog semoga terus maju :)

dianna on 09/12/07 09.41 mengatakan...

belajar dan belajar terus menuju yang lebih baik

rohman on 06/01/08 22.57 mengatakan...

Sahabat syarif, mohon maaf sebelumnya karena belum menjawab pertanyaan dari sahabat. Akhir-akhir ini memang saya sedikit kurang fokus, mungkin itu bisa dilihat dari postingan saya yang belakangan ini sudah tidak ada lagi tulisan yang berkualitas. Sekali lagi saya mohon maaf.

Syarief ToKonjo on 11/01/08 02.13 mengatakan...

@Kang Rohman. Tidak apa2 Kang. Akang sudah banyak membantu untuk pembuatan dan perbaikan blog ini


Posting Komentar