05 Mei 2010

Sri Mulyani Menjadi Orang Nomor 2 di Bank Dunia

Terhitung mulai 1 Juni 2010, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akan menjadi Managing Director Bank Dunia. Posisi tersebut adalah yang tertinggi ke-2 di Bank Dunia setelah Presiden yang dijabat Robert Zoellick. Dengan posisi yang cukup penting dan membanggakan itu, Presiden SBY pun melepas Sri Mulyani untuk meninggalkan posisinya sebagai Menteri Keuangan dari Kabinet Indonesia Bersatu.

Sebelumnya Sri Mulyani pernah menjadi Direktur Eksekutif di IMF pada periode 2002-2004, berkali-kali dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik, Sri Mulyani juga dinobatkan sebagai salah satu dari 100 wanita paling berpengaruh di dunia.

Bank Dunia pun memberikan apresiasi atas sejumlah prestasi Sri Mulyani yang dianggap sukses menggawangi perekonomian Indonesia saat melalui krisis finansial. Bank Dunia pun memuji Sri Mulyani sebagai wanita yang piawai di bidang ekonomi.

"Sri Mulyani Indrawati memiliki kombinasi yang unik antara kemampuan dan pengalamannya untuk Grup Bank Dunia, dari suatu titik yang menguntungkan dari negara berpendapatan menengah yang masih menghadapi tantangan kemiskinan yang signifikan. Dia telah dikenal secara global untuk kesuksesannya melawan korupsi dan memperkuat good governance," ujar Zoellick.

Berbanding terbalik dengan pandangan dunia, Sri Mulyani Indrawati justru dipojokkan dengan pandangan miring di negaranya sendiri, Indonesia. Tudingan negatif terutama di kasus century menjadi kendaraan bagi pihak-pihak yang ingin menjatuhkan beliau melalui pansus Century. Padahal di mata dunia, langkah penyelamatan ekonomi melalui bail-out bank Century merupakan langkah tepat dan mendapat apresiasi.

Sri Mulyani Indrawati memang keluar dari kabinet sesuai keinginan sebagian orang anggota pansus Century, tetapi tidak dengan cara yang panitia pansus Century inginkan. Sri Mulyani Indrawati keluar dari kabinet dengan cara yang sangat terhormat dan menjadi tamparan keras untuk politisi Senayan yang selama ini berusa menjatuhkannya.

Selamat untuk ibu Sri Mulyani Indrawati, Perempuan terbaik Indonesia.

0 komentar:


Posting Komentar