18 Maret 2009

Meningkatkan Rangking Alexa

Istilah Alexa mungkin bukan hal baru buat para blogger bahkan terkesan basi. Mungkin benar anggapan basi itu terutama bagi para master, yang simultan dengan Rank Alexa blog ini yang begitu-begitu saja tidak mengalami "perbaikan nasib". Sebenarnya di blog ini pernah saya pasang widget Alexa tetapi karena malu dengan angkanya yang selangit makanya tidak bertahan lama dan saya lenyapkan dari pandangan mata.

Tetapi seketika saya tersadar...(terkesan didramatisir hehehe...) bahwa ternyata penting untuk meningkatkan rangking Alexa, ya minimal untuk kepuasan pribadi tidak seperti sekarang yang setiap melirik angka Rank Alexa yang mencapai 3.729.384 rasanya pilu menyayat hati, artinya begitu tidak berartinya blog ini bagi siapa pun kecuali aku. Lalu bagaimana caranya?

Berdasarkan saran para master, ada beberapa tips dan langkah yang bisa dilakukan:

Pasang Widget Alexa
Dengan memasang widget Alexa di blog maka otomatis penghitungan pengunjung blog akan tercatat di database Alexa. Tetapi saya malu dengan angka yang berjuta-juta (itu juga yang saya alami). Tetapi demi meningkatkan Rank Alexa, saya hilangkan kemaluan (eh salah, saya hilangkan rasa malu maksudnya). Untuk memasang widget bisa berkunjung ke Alexa, isikan alamat blog anda pada Alexa Traffic Rank Button, kemudia tekan tombol Build Widget anda akan diberi code widget, copy dan paste code tersebut di blog anda. Maka anda sudah memamerkan Rank Alexa milik anda. Sekali tidak usah malu.

Pasang Alexa Toolbars
Setiap kali kita mengunjungi blog dengan browser yang terinstal Alexa toolbars maka blog tersebut akan mendapatkan poin. Siapa yang sering mengakses blog kita? ya kita sendiri. Makanya install Alexa toolbars di browser yang sering anda pakai sehingga setiap kali membuka blog anda, secara otomatis mendapatkan poin. Lebih baik lagi jika blog anda dijadikan homepage pada browser yang sering digunakan, tetapi tentunya ini bisa dilakukan pada komputer yang sering anda pakai. Tetapi jika anda pengusaha warnet, bisa dibayangkan berapa komputer yang menggunakan blog anda sebagai homepage. Untuk mendapatkan toolbars Alexa, silahkan berkunjung ke Alexa kemudian klik tombol Get Sparky dan ikuti instruksi selanjutnya.

Posting Tulisan Mengenai Alexa
Entah hubungannya dimana, tetapi menurut para master cara ini cukup ampuh dan itulah yang saya lakukan sekarang. Apakah untuk tulisan ini akan direview oleh pihak Alexa sehingga memberi poin pada blog ini? Kemungkinannya sangat kecil, mana Alexa punya waktu? Alasannya mungkin hanya untuk menarik minat pengunjung yang ingin mencari informasi tentang alexa, dengan begitu blog kita akan menjadi salah satu objek pencarian jika di dalamnya terdapat informasi tentang Alexa.

Tingkatkan Trafik Pengunjung blog
Rank Alexa menunjukkan tingkat popularitas blog kita, salah satu indokatornya adalah dengan banyaknya jumlah pengunjung. Berdasarkan desas desus yang berkembang, Rank Alexa dipengaruhi oleh jumlah unique visitor. Makanya carilah pengunjung dari berbagai macam bendera (negara), beda kulit, beda IP, beda ISP dan beda-beda yang lain . Pokoknya harus unik.

Masih banyak cara lain, tetapi inilah yang saya peroleh dari pengembaraan saya. Mudah-mudahan berguna untuk meningkatkan Rank Blog ini dan blog rekan-rekan yang lain.

Keep Blogging...!!!

1 komentar:

dhimas on 30/05/09, 22.41 mengatakan...

patut dicoba coba nich bos, makasih ya infonya


Posting Komentar