05 Januari 2010

Gelar Pahlawan Nasional untuk Gus Dur dan Soeharto


KH. Abdul Rahman Wahid atau yang lebih dikenal dengan panggilan Gus Dur, mantan Presiden Republik Indonesia ke-4 memang telah wafat. Namun hingga hari ini Gus Dur masih saja menjadi topik pembahasan yang tidak pernah basi di kalangan masyarakat dan media-media Nasional. Segenap warga negara Indonesia berduka atas berpulangnya Guru Bangsa dan Bapak Pluralisme.

Pengabdian Gus Dur kepada negara yang dilakukan hampir sepanjang hayatnya membuat sebagian besar elemen bangsa ini menghendaki agar Gus Dur dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional. Gus Dur tampil sangat luar biasa dalam memupuk demokrasi, berusaha menghilangkan sekat perbedaan. Sebuah catatan, Gus Dur dalam memimpin Bangsa ini sebagai Presiden tidak pernah melakukan pelanggaran yang berat dan melukai hati bangsa ini. Jadi sangat wajar jika gelar Pahlawan dianugerahkan padanya.

Wacana penganugerahan gelar Pahlawan Nasional kemudian bergulir dengan juga diusulkannya Soeharto untuk menerima gelar Pahlawan nasional. Menurut saya, tunggu dulu. Luka hati bangsa ini belum sembuh akibat pemerintahan Soeharto. Kepantasan anugerah Pahlawan Nasional kepada Soeharto masih harus diperdebatkan.

5 komentar:

Eri Subakti on 08/01/10 06.31 mengatakan...

memangnya kriteria menjadi pahlawan nasional itu pa ya mas??

tukeran link mas...

ivan kavalera on 08/01/10 19.03 mengatakan...

Aga kareba, silong. Addampengngekka' nasaba' nappana' lettu' di blogta'. Makessing kapang narekko bertukaran link-ngi tauwwe di'?

Arfi on 09/01/10 11.33 mengatakan...

ini masih menjadi perdebatan panjang nih.. kalo diberi gelar pahlawan,, apa semuanya setuju??? gak juga lah,,, gimana ya nantinya????

ivan kavalera on 09/01/10 19.47 mengatakan...

Bung. Streaming kami dihack, pasword dibobol dan diganti. Kami gak bisa akses. Streaming RCA ngadat. Bisa bantu gak? Ini nomor HP yg bisa dihubungi: 085230879123. Thanks.

harto on 09/01/10 22.19 mengatakan...

gelar pahlawan nasional untuk Gus Dur saya setuju...BAPAK BANGSA .... gitu aja koq repot.

semoga sukses selalu n tetap semangat


Posting Komentar