08 Maret 2008

BLOG, Sahabat dan Guru

Seiring dengan perjalanan waktu, banyak yang terjadi dengan blog ini. Dibuat apa adanya tanpa sedikit pun pengetahuan tentang blog, benar-benar blank apalagi saat dibuat masih menggunakan template classic yang rumit, tidak seperti sekarang yang sudah menggunakan template XML yang menurutku lebih mudah.
Sepanjang perjalanannya, blog ini banyak mengalami hal-hal diluar dugaan termasuk keseringan error karena pengetahuan yang minim, berulang kali ganti template, hiasan sidebar yang tidak pernah sepi (tambal sana sini maksudnya), sempat ditinggalkan kemudian diurus lagi, begitulah hidup yang kadang menghadirkan kejenuhan termasuk dalam dunia blog.
Blog sederhana ini seolah telah menjadi bagian dari diriku, meski jelek begini tetapi aku menganggap bahwa inilah karyaku yang tidak bisa dibandingkan dengan apa pun. Blog inilah tempatku bereksperimen untuk menciptakan blog-blog yang lain termasuk jika ada sahabatku yang ingin dibuatkan blog atau sekedar ingin didampingi membuat blog (didampingi, bukan diajari). Seingatku sudah empat blog yang aku buat untuk sahabat-sahabatku dan pihak lain, salah satunya saya komersialkan alias dibayar.
Pengetahuan tentang blog yang meski masih sangat minim aku bagi dengan sahabat-sahabatku yang ingin belajar. Tahun 2007 yang lalu, sahabatku (teman kuliah) Jo dan Uche berkunjung khusus ke tempatku (Parepare) selama kurang lebih 3 hari untuk belajar membuat blog. Tetapi sayang blog mereka tidak terurus karena koneksi internet yang belum tersedia di tempat mereka. Bulan Februari 2008 giliran Mhomank dan Iccank yang berkunjung dengan tujuan yang sama, padahal jarak kami lumayan jauh sampai harus menempuh jarak berjam-jam. Lain lagi dengan Andhika Mappasomba yang rela menungguiku di kampus Universitas Islam Makassar (UIM) sampai tengah malam ditengah hujan lebat dan mengeksplore dunia blog sampai hampir pagi di salah satu warnet di Makassar (ah... dasar sastrawan yang tergila-gila dengan kunang-kunang dan hujan).
Ada lagi teman yang sudah seperti saudara (Shufi Sumarda: eks teman kantor di SSCI Parepare), terlambat sadar dengan nikmatnya blogging bahkan dulunya sering ngeledek dengan aktivitas blogku. Tetapi aneh bin ajaib akhir-akhir ini mulai serius dengan blog, mungkin karena malu dulu sempat ngeledek sehingga hanya dalam keadaan terpaksa dia bertanya. Terkadang aku harus memaksanya untuk bertanya, atau aku yang memaksa untuk membantunya (narsis banget ya... hehehe).
Aku bersyukur dengan apresiasi sahabat-sahabat sekaligus saudara-saudaraku meski telah kukatakan bahwa aku belumlah apa-apa dalam dunia blog tetapi mereka berkeras untuk dibantu membuat blog. Terima kasih sahabat, semangat kalian juga memicu semangatku untuk lebih baik lagi khususnya di dunia blog ini. Selama masih ada yang tersisa untuk dibagi, aku akan membaginya dengan kalian.
Ternyata apresiasi itu tidak hanya datang dari sahabat-sahabatku saja. Apresiasi juga datang dari teman-teman blogger yang terkadang meminta bantuan melalui shoutbox atau lewat YM dan aku membantu sebatas kemampuanku. Aku sama sekali tidak menutup diri membantu teman-teman blogger sepanjang aku mampu untuk melakukannya. Terima kasih, membantu kalian tidaklah membuat apa yang saya tau menjadi habis atau hilang tetapi malah sebaliknya dengan harapan menjadi lebih baik.
Terakhir ingin kukatakan bahwa aku belumlah sampai pada kapasitas untuk mengajar karena aku juga masih belajar. Terkadang jika ada yang bertanya maka aku langsung merujuknya (kayak rumah sakit ya... hehehe) ke guru-guruku di dunia blog. Guru yang paling kukagumi dan menjadi inspirasi dan sumber pengetahuanku selama ini adalah Blog Kang Rohman dengan kolom tutorialnya dan O-Om Blog. Terima kasih untukmu guru, tanpa kalian aku bukan apa-apa di dunia blog ini, dunia asing bagiku karena latar belakang pendidikanku yang jauh dari dunia ini.
Maju terus Blogger Indonesia...!!!

5 komentar:

mhomank on 09/03/08 10.55 mengatakan...

Saya sudah dpt blognya yang lucu itu kwn. http://ndop.blogspot.com Dia minta diajari bikin +/- selengkapnya yang langsung buka ke bwh begitu diklik. Lalu saya sarankan untuk kunjungi blogmu. Kulihat ada di shoutboxmu. Tapi dia belum bilang yah? Padahal sudah saya bilang belajar sama kamu....

B@NDANK Bareng on 10/03/08 01.34 mengatakan...

wallahh... narsis banget sich postingan yang satu ini. Padahal nda gitu banget ji, dasar HIPERBOLA. Tapi ada tonji tawwa benarnya, aku mang merasa gengsi banget klo harus bertaya ma saudaraku yang satu ini, soalnya setinggi apapun ilmunya aku tetap satu level di atasnya. Sorry my Brother, hehehe....

Syarief ToKonjo on 10/03/08 05.11 mengatakan...

>>>mhomank: mungkin dia malu langsung tanya kawan, dia hanya nyapa. Aku tdk bisa kunjungi blognya karena di shoutbox tdk sertakan link. Jadi, saran buat pengunjung yg memberi koment di postingan atau di shoutbox, mohon cantumkan link
>>>b@ndank: gak pa2, aku malah gembira kalo b@ndank bisa lebih hebat dan kondisinya bisa dibalik, aku yang belajar sama kamu. banyak belajar banyak tau apalagi kalo ada yg bisa ngajarin

Uppy B@NDANK on 23/03/08 21.32 mengatakan...

sorry klo nyinggung broth... ni link aQ B@NDANK Bareng

Arif Agus Bege'h on 06/02/10 11.03 mengatakan...

memang mantap


Posting Komentar